"PAIKEM GEMBROT" Dengan Cita Rasa TIK

 


Ini merupakan kegiatan sosialisasi saya yang ke tiga di lingkup korwil Tidore Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 1 Mareku pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020, dengan mengambil tema "PAIKEM GEMBROT" Dengan Cita Rasa TIK. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar. 


Pada kegiatan ini saya dan rekan-rekan guru di gugus SDN 1 Mareku dan sekitarnya kedatangan tamu spesial, beliau adalah Duta Rumah Belajar Maluku Utara tahun 2018 bunda Iriany. Beliau memberikan penguatan kepada kami, membuka acara dengan ice breaking yang menyenangkan tak lupa juga menceritakan pengalaman menjadi duta


Setelah kegiatan ke tiga saya secara tatap muka ini bukan berarti sudah selesai rangkaian kegiatan di kecamatan Tidore Utara, tetapi kegiatan ini tetap berkelanjutan. Harapan kami guru-guru di Tidore kepulauan dapat memanfaatkan portal Rumah Belajar serta implementasi nya pada pembelajaran.


Pemanfaatan TIK mau tidak mau akan terus terpakai seiring kemajuan teknologi. Di dalam pembelajaran pernah didengungkan istilah-istilah yang menarik dan penuh makna salah satunya adalah PAIKEM GEMBROT Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan serta Gembira dan Berbobot. Dengan kolaborasi kan penggunaan TIK maka tujuan pembelajaran yang guru sajikan akan tercapai dan bermakna. PAIKEM dapat didefinisikan sebagai: pendekatan mengajar (approach to teaching) yang digunakan bersama dengan banyak metode tertentu dan dengan berbagai media pengajaran yang disertai penataan kelas dan tempat duduk siswa sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dengan demikian, para siswa merasa tertarik dan mudah menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan PAIKEM GEMBROT BER JAS istilah BERJAS artinya berbasis jejaring sosial (Internet)

Pada saat sekarang ini sudah begitu banyak infrastuktur Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada dan masyarakat (termasuk peserta didik) sudah melek dengan teknologi. yang menjadi masalah besar dalam benak kita bagaimanakah dengan gurunya apakah sudah melek Teknologi Informatika dan komunikasi? Disinilah peran penting kita dalam membangun peserta didik agar tercipta pembelajaran yang bermakna maka guru harus belajar dalam pemanfaatan TIK. 

Semoga kedepannya dengan pelatihan dan sosialisasi yang berkelanjutan kita dapat bersama-sama belajar dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. 

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#MerdekaBelajar

#NadiemMakarim

#PembaTIK2020

#pembatiklevel4

#RumahBelajar

#tributetohendriwidiatmoko 

#guruberbagi

#gurupenggerak

#pembatikmalut

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama