Penerapan model pembelajaran discovery-inquiri learning di SDN Talaga Puncak

 


    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera sahabat rumah Belajar dimanapun berada. setelah saya melaksanakan rangkaian kegiatan sosialisasi ke beberapa sekolah tentang pemanfaatan Portal Rumah Belajar, saya melanjutkan dengan tugas membuat vlog tentang implementasi Model pembelajaran Dicovery-inquiry Learning yang memanfaatkan fitur Sumber Berlajar pada portal rumah belajar. tetapi bukan berarti kegiatan berbagi saya berhenti, saya tetap berbagi pemanfaatan ke guru-guru di daerah saya.

    Saya bertugas di sebuah desa terisolir di pulau Tidore, kampung ini namanya kampung Talaga Puncak dan ada satu sekolah SD disana. Saya biasanya berangkat pukul 06.00 pagi dari rumah akses jalan menuju desa hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki kurang lebih 3 km. saya parkir motor saya di batas aspal terahir sebelum tanjakan gunung. Pagi itu hari Senin, 19 Oktober 2020 saya berncana membuat vlog tentang praktik baik pemanfaatan portal rumah belajar, hari sebelumnya hujan cukup deras di wilayah saya. sampai-sampai di pertengahan jalan ada genangan air yang banjir dari rawa-rawa. Karena itu adalah jalan satu-satunya terpaksa saya harus menyeberangi genangan air itu. untuk vlognya sendiri sahabat rumah belajar dapat klik Di_sini

    Sintak model discovery-inquiri learning ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Simulation
Pemberian rangsangan dengan cara siswa menyimak materi stimulus berupa Vidio yang diberikan pendidikan di dalam kelas
2. Problem statement
Identifikasi Masalah dengan cara siswa menyampaikan respon atas stimulus dari pendidik secara tatap maya atau tatap muka terbatas. Peserta didik dibagi dalam kelompok.
3. Data collection
Pengumpulan data kemudian mendiskusikan dengan teman satu kelompok. Kemudian mengirimkan bukti kerja kelompok ke pendidik
4. Data processing
Peserta didik dengan berkolaborasi mengolah data yang telah dikumpulkan kemudian merumuskan hasil diskusi dan mengumpulkan dengan cara mengunggah ke kelas Maya jika melakukan pembelajaran secara daring.
5. Verification
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok 
6. Generalisasi
Membuat kesimpulan dengan bimbingan dari pendidik atau guru.

    Kelebihan dari model pembelajaran discovery-inquiri diantaranya adalah 

1. Membantu siswa dalam menggunakan ingatan dan dalam rangka tranfer kepada situasi-situasi proses belajar yang baru.

2. Mendorong siswa untuk berpikir dan bekerja atas inisiatif nya sendiri

3. Memungkinkan siswa belajar dengan memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar yang tidak hanya menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber belajar.

4. Strategi belajar menjadi berubah dari yang bersifat penyajian informasi menjadi pembelajaran yang menekankan kepada proses pengolahan informasi dimana siswa yang aktif mencari dan mengolah sendiri informasi yang kadar proses mentalnya lebih tinggi atau lebih banyak. Siswa akan mengerti konsep-konsep dasar atau ide.

5. Metode ini dapat memperkaya dan memperdalam materi yang dipelajari sehingga tahan lama dalam ingatan dan menjadi lebih baik.

    Semoga apa yang saya praktikan bermanfaat bagi pendidik dan peserta didik, dengan adanya Portal Rumah Belajar kami sebagi Pendidik sangat terbantu dalam memberikan Pembelajaran berbasis TIK. Terima kasih Wassalamualaikum wr.wb

vlog https://youtu.be/TEzXCoV999E

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#MerdekaBelajar

#NadiemMakarim #PembaTIK2020#pembatiklevel4 #RumahBelajar #tributetohendriwidiatmoko 

#guruberbagi #gurupenggerak

#pembatikmalut

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama