Berbagi Praktik Baik untuk pemulihan dan transformasi pembelajaran melalui literasi Multimoda terintegrasi TIK

Kegiatan berbagi praktik baik dalam inovasi pembelajaran berbasis TIK dan literasi digital sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital saat ini. Tanggal 18-20 Oktober 2023 saya bersama tim pdm-10 BPMP Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Bimtek terkait literasi yang bertempat di Kecamatan Patani Kabupaten Halmahera Tengah. Sasaran kegiatan ini adalah kepala sekolah dan guru jenjang SD. Dalam kegiatan ini juga saya berbagi praktik baik implementasi kurikulum merdeka untuk menguatkan literasi melalui bacaan Multimoda yang terintegrasi TIK.

Peserta Bimtek 

Peserta Bimtek 

Program peningkatan kompetensi TIK guru dilakukan secara berjenjang (leveling), yakni level 1 Literasi TIK; level 2 Pendalaman TIK (implementasi); level 3 Kreasi TIK; dan level 4 Berbagi (kolaboratif) [1]. Pada setiap levelnya, peserta didukung oleh modul-modul pembelajaran interaktif yang membantu pencapaian kompetensi. Guru dapat merancang media pembelajaran berbasis android yang dapat dipergunakan secara offline (Smart Apps Creator) serta sistem online dan offline (menggunakan iSpring Suite 9) dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah SOLE, flipped classroom dan Project Based Learning yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar. Pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi yang dibangun dari iSpring Suite dan Smart Apps Creator dan menerapkan praktikum berbasis green chemistry pada materi yang berpraktikum dan pemanfaatan Instagram dapat melatih literasi sains peserta didik serta literasi digital peserta didik. 

Pemaparan materi dan praktik baik 

Ice break Quizizz

Pemaparan materi dan praktik baik 

Sebagai penguatan literasi kita dapat memberikan tanya jawab dan kuis, Guru dapat mengadakan tanya jawab di WhatsApp, mengadakan kuis dengan Kahoot, Quizizz yang menyenangkan untuk membangun konsep literasi.

Guru dengan literasi digital yang kuat dapat mengembangkan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Para guru dapat merancang materi pembelajaran yang menarik dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi digital. Penguatan literasi digital juga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kemendikbudristek mendorong guru tidak hanya mampu menerapkan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, tetapi juga mampu berbagi pengalaman dan praktik baik dalam penggunaan teknologi. Dengan adanya kompetensi berbagi, guru dapat saling belajar dan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dalam era digital saat ini, kegiatan berbagi praktik baik dalam inovasi pembelajaran berbasis TIK dan literasi digital sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru dapat meningkatkan kompetensi TIK, merancang media pembelajaran berbasis android, mengadakan tanya jawab dan kuis, memperkuat literasi digital, dan berbagi praktik baik dengan guru lainnya. Dengan demikian, pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, interaktif, dan efektif.

Berikut ini testimoni peserta Bimtek 

https://youtu.be/-SMevtqzxpw?si=owai5mVVfOKHz2Hz


#pembatik2023 #BLPT #merdekabelajar #PMM

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama