Refleksi Terbimbing 2.1.a.6 Pembelajaran berdiferensiasi

 


1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?

Berdasarkan materi yang telah saya pelajari pada modul materi ini, pbelajaran berdiferensiasi merupakan solusi terkait permasalahan pembelajaran yang ada di kelas saya. Di dalam kelas, menjadi seorang guru tentu akan banyak menemui berbagai macam karakter murid yang bermacam-macam entah itu dari segi kemampuan, minat belajar, maupun gaya belajar yang ada pada diri mereka masing-masing. Agar guru dapat menerapkan pembelajaran yang mengakomodir semua perbedaan murid maka guru harus memahami betul strategi apa yang akan digunakan dalam pembelajaran diferensiasi, solusi strategi belajar berdiferensiasi yang dapat saya terapkan di kelas yang mencakup 3 aspek diferensiasi konten, diferensiasi proses, serta diferensiasi produk. Jika seorang guru dapat menguasai ketiga strategi itu maka kita dapat memberikan pembelajaran sesuai kebutuhan murid.

2. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

Menurut saya dalam pembelajaran diferensiasi yang mungkin akan menjadi sulit dalam penerapannya adalah mengenali gaya belajar murid. Apalagi masih diterapkan nya pembatasan aktifitas masyarakat sampai di tingkat sekolah. Pembelajaran daring maupun tatap muka terbatas yang sekarang diterapkan dibeberapa daerah menyebabkan guru harus lebih ekstra dalam mengenali karakter muridnya.

3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

Dukungan yang saya perlukan adalah dukungan penuh dari orang tua murid agar anak-anaknya terlibat aktiv dalam pembelajaran di kelas maupun di rumah entah itu moda daring maupun luring agar sebagai seorang guru dapat mengetahui kebutuhan belajar murid saya. Disamping itu saya harus memastikan bahwa orang tua dapat aktiv mendampingi anaknya dalam mengikuti pembelajaran di lingkungan rumah. Menjalin komunikasi adalah kunci utama dalam memetakan kebutuhan belajar murid. Saya dapat membuat suatu survei untuk mengetahui profil belajar murid dengan bantuan dari orang tua.

4. Jika Anda menghadapi sebuah situasi, dimana kebutuhan belajar siswa Anda tidak dapat diakomodasi oleh pembelajaran berdiferensiasi beranikah Anda mengambil risiko untuk memodifikasi pembelajaran Anda, meskipun hal tersebut mungkin tidak umum atau tidak sesuai dengan sistem yang ada? Jelaskan pendapat Anda dengan alasannya.

Jika saya menghadapai situasi dimana kebutuhan belajar murid tidak dapat diakomodasi, maka saya harus berani mengambil resiko untuk memodifikasi pembelajaran. Itu dilakukan supaya kebutuhan belajar murid saya dapat terpenuhi. Sebagai seorang guru harus memiliki kemampuan inovatif dan kreativitas dalam memberikan pembelajaran. Jadikan sesuatu yang tidak biasa agar menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Tentunya tanpa keluar dari tujuan pendidikan itu sendiri


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama