PRIBUMI (Parade Sharing Membumikan Rumah Belajar


Kegiatan ini dilaksanakan untuk berbagi praktik baik yang dilakukan di provinsi dan mengajak peserta untuk berkontribusi dalam portal Rumah Belajar. Kegiatan ini diprakarsai oleh ibu Salma Nabila SRB Jawa timur dengan mengajak saya berkolaborasi dengan bapak Edi Puriyanto SRB Gorontalo

Di sesi pertama saya sendiri yang mengisi  memaparkan bagaimana pembelajaran jarak jauh di daerah non jaringan serta pemanfaatan aplikasi supermii dalam pembelajaran. Di tempat tugas saya Menerapkan sistem unduh pakai, setelah mengunduh, saya memakai atau menggunakan aplikasi tersebut. Ketika mengunduh tentunya pergi ke tempat maupun daerah yang memiliki sinyal bagus terlebih dahulu, kemudian mengajarkan kepada anak didik dengan sistem offline. Media yang saya gunakan yaitu telepon seluler untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa saat PJJ. pengembangan konten sangatlah mudah menggunakan di android, terutama menggunakan aplikasi supermii yang dapat diunduh secara gratis di google playstore.

Pada sesi kedua, Pak Edi Puriyanto, Sahabat Rumah Belajar Provinsi Gorontalo, berbagi praktik baiknya menggunakan fitur Rumah Belajar. Beliau menjelaskan apa saja fitur-fitur yang ada dalam Bank Soal. Pada sesi ini juga beliau menerangkan apa saja yang perlu dilakukan dalam pembuatan soal di dalam fitur bank soal. Dalam membuat soal baru diberlakukan dua cara yaitu buat baru maupun upload soal. 

Sesi terakhir, ibu Salma Nabila, Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur, berbagi praktik baiknya menggunakan sumber belajar dan pengembangan konten video animasi menggunakan adobe after effect. Dalam implementasi pembelajaran jarak jauh yang dilakukan, dijelaskan mulai dari pra, inti, dan pasca pembelajaran. Ibu Salma juga menerangkan bagaimana pengembangan konten yang dilakukan selama ini menggunakan aplikasi adobe after effect.  Pembuatan animasi konten untuk diunggah di sumber belajar ini dilakukan dimulai dari desain dengan menggunakan adobe illustrator. Di dalam desain tersebut, pembuatan layer perlu diperhatikan guna pergerakan animasi ketika telah diberi gerakan nantinya. Pembuatan animasi 2 dimensi ini lebih mudah dibandingkan dengan 3 dimensi karena tidak perlu memikirkan hasil samping kanan, kiri, dan belakang karakter animasi kita, karena hanya didesain menggunakan sisi depan saja.

Kegiatan ini dihadiri 45 peserta dari beberapa provinsi dan Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


#MerdekaBelajar

#NadiemMakarim

#PembaTIK2020

#pembatiklevel4

#RumahBelajar

#tributetohendriwidiatmoko 

#guruberbagi

#gurupenggerak

#pembatikmalut

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama