Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Discovery Inquiry di SDN Talaga Puncak

 
    

    Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar yang saya lakukan pertama sesuai dengan RTL yang dipresentasikan saat Coaching berlangsung adalah di tempat tugas saya SDN Talaga Puncak Kota Tidore Kepulauan. Saya bertugas di sebuah SD yang bisa dianggap terisolir dari kota sebab Sekolah ini berada di lembah puncak pulau tidore sehingga namanya SDN Talaga Puncak.Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 6 Oktober 2020


    Untuk menuju ke tempat tugas harus jalan kaki naik bukit sampai puncak baru turun menyusuri hutan. Ketersediaan jaringan internet sendiri sampai saat ini belum dapat terjakau di tempat tugas saya SDN Talaga Puncak, tapi bukan berarti sebagai guru tidak perlu menggunakan teknologi. inilah salah satu manfaat saya belajar melalui bimtek yang saya ikuti dari Rumah Belajar. dengan mensosialisasikan pemanfaatan fitur-fitur dan implementasinya dalam model pembelajaran.

    Model Pembelajaran yang saya sampaikan kepada rekan-rekan guru di SDN Talaga Puncak adalah bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Discovery -inquiry Learnig berbasis Sumber Belajar yang ada di portal rumah belajar. Guru SD di sekolah saya hanya berjumlah 5 orang dengan saya tapi tidak menyurutkan semangat saya untuk menyampaikan Model Pembelajaran yang memanfaatkan TIK. alhamdulillah rekan-rekan guru di sekolah saya mengapresiasi kegiatan yang saya laksanakan disekolah. 

    Pemanfaatan fitur sumber belajar ini sangat mempermudah bagi kami guru-guru yang bekerja tanpa jaringan internet. Sebelum memulai pembelajaran bahan-bahan ajar sudah harus disiapkan oleh guru untuk memulai pembelajaran dengan mengunduh vidio-vidio pembelajaran yang relevan dengan materi yang akan disampaikan pada siswa.


Kelebihan dari model pembelajaran discovery-inquiri diantaranya adalah 

1. Membantu siswa dalam menggunakan ingatan dan dalam rangka tranfer kepada situasi-situasi proses belajar yang baru.

2. Mendorong siswa untuk berpikir dan bekerja atas inisiatif nya sendiri

3. Memungkinkan siswa belajar dengan memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar yang tidak hanya menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber belajar.

4. Strategi belajar menjadi berubah dari yang bersifat penyajian informasi menjadi pembelajaran yang menekankan kepada proses pengolahan informasi dimana siswa yang aktif mencari dan mengolah sendiri informasi yang kadar proses mentalnya lebih tinggi atau lebih banyak. Siswa akan mengerti konsep-konsep dasar atau ide.

5. Metode ini dapat memperkaya dan memperdalam materi yang dipelajari sehingga tahan lama dalam ingatan dan menjadi lebih baik.

Semoga apa yang telah saya sampaikan kepada rekan-rekan guru disekolah saya dapat bermanfaat dan dapat dijadikan pedoman dalam pembelajaran saat ini serta inovasi-inovasi yang dilakukan oleh guru dapat bermanfaat untuk siswa. 

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


#MerdekaBelajar

#NadiemMakarim #PembaTIK2020#pembatiklevel4 #RumahBelajar #tributetohendriwidiatmoko 

#guruberbagi #gurupenggerak

#pembatikmalut




4 Komentar

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama