"INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN RUMAH BELAJAR"

 

Sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar ini saya laksanakan dengan berkolaborasi dengan SRB MALUT 2020 bpk Gani dari SMPN 1 Tidore Kepulauan dengan mengusung tema "Berbagi Inovasi Pembelajaran dengan Rumah Belajar". Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 9-10 Oktober 2020. Dihari pertama Jumat 9 Oktober 2020 SRB MALUT 2020 berbagi praktik baik dengan portal Rumah Belajar dengan memanfaatkan fitur lab Maya dan Fitur Sumber Belajar.


Pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana dan penggunaan model pembelajaran yang tepat maka tujuan pembelajaran yang termuat dalam RPP dapat tercapai. Disini guru dituntut untuk berinovasi dalam pembelajaran dengan metode-metode yang tepat.

Salah satu model pembelajaran itu adalah Blended learning dimana model ini mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dan tatap maya. 



Yang harus diperhatikan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis Rumah Belajar adalah sebagai berikut :
1. Sarpras harus memenuhi syarat untuk belajar di rumah persiapan gawai untuk pembelajaran berbasis online sangat penting. Pendidik juga harus mempertimbangkan siswa yang tidak mempunyai gawai untuk dirumah maka guru harus menerapkan pembelajaran home visit.
2. Peran orang tua sangat penting saat anak Belajar dari Rumah (BDR). orang tua harus mendampingi siswa dalam belajar online. Saat tatap maya menggunakan media zoom, teams, atau kelas maya orang tua harus bisa mengarahkan anak. 
3. Disisi lain pendidik juga perlu menyiapkan materi-materi apa saja yang di gunakan dalam belajar. Bahan-bahan ajar yang relevan dengan materi, guru harus bisa mengoperasikan komputer dan dapat memanfaatkan sumber belajar pada portal Rumah Belajar. Melalui Media itu guru membagikan link Vidio yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam belajar dirumah

 

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru SD dan SMP kota Tidore kepulauan secara daring melalui aplikasi Microsoft teams. Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 53 peserta. 

Untuk hari kedua di hari Sabtu, 10 Oktober 2020 menitikberatkan pada pembuatan media ajar articulate storyline  secara sederhana. Diharapkan dengan media pembelajaran interaktif ini guru dapat berkreasi dan kreatif dalam memberikan pembelajaran kepada siswa atau peserta didik. Respon guru-guru yang mengikuti bimtek daring ini sangat antusias, harapan kedepan pelatihan dan sosialisasi dapat dilakukan secara merata agar guru-guru mendapat ilmu dalam membuat bahan-bahan ajar serta pemanfaatan portal Rumah Belajar dapat digunakan oleh guru secara menyeluruh. 

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


#MerdekaBelajar

#NadiemMakarim

#PembaTIK2020

#pembatiklevel4

#RumahBelajar

#tributetohendriwidiatmoko 

#guruberbagi

#gurupenggerak

#pembatikmalut



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama