"TANTANGAN MENJADI MODERATOR di NGOPI PAHIT DRB Talk 2020"

 

Menjadi seorang moderator bukanlah perkara yang mudah bagi saya, apalagi di event nasional DRB Talk 2020 Ngopi Pahit (ngobrol inspiratif paling hits) bersama DRB Terkreatif. Acara ini diselenggarakan atas ide teman-teman DRB dan SRB Kalimantan Selatan terutama DRB 2018 bang Deni Ranoptri. 

Awalnya saya mendapat tawaran dari DRB Maluku Utara 2018 bunda Iriany  yang akrab dipanggil kakanda oleh ini untuk ikut ambil bagian dari acara tersebut. Saya bingung setengah mati "haaaah..... Jadi moderator?" Ini beracanda atau beneran nih.... Kepala panas dingin ini apa yang akan saya omongin ini. Belum pernah ngerasain jadi MC atau moderator rapat-rapat terbatas di sekolah atau komunitas guru. Ini langsung event nasional yg harus berhadapan dengan DRB Terkreatif 2018 dari Jawa tengah mas fakhruddin Sujarwo. Disamping itu diikuti peserta dari berbagai provinsi seluruh Indonesia. Bingung campur aduk. 

Bangga bercampur rasa minder ada dipikiran saya, mungkin masih lebih banyak teman-teman SRB yang lebih ahli dalam hal ini. Kurangnya pengalaman menjadi suatu momok yang menakutkan buat saya. Takut salah bicara, gagap dan di tengah-tengah jalannya acara bikin malu. Uuuuuhhhhh........ 

Tapi saya tetap berfikir positif, saya coba hadapi tantangan ini. Karena bagi saya inilah moment saya untuk mencoba hal baru menerima ilmu baru dari para narasumber langsung, dapat berinteraksi dengan orang-orang hebat yang mungkin sulit lagi untuk mendapatkan kesempatan emas ini. Dari beberapa narasumber saya memetik suatu pelajaran bahwa untuk menjadi orang yg sukses dan berhasil tidak dilakukan secara instan. Mereka yang luar biasa tetap belajar sampai saat ini. Butuh perjuangan untuk mencapai sesuatu, tantangan demi tantangan akan terus ada di depan. Tinggal kita mempunyai cara dan trik untuk melewatinya. Bukan berlari menghindar tapi terima dan lakukan semua hal yang bermanfaat terutama untuk dunia pendidikan. 
Inilah pengalaman yang mungkin dapat saya jadikan pelajaran kedepannya. Bahwa suatu hal yang baru bila bermanfaat maka kita harus berani mencoba. Karena dibalik semua itu ada manfaat yang bisa kita petik. Saya sangat berterimakasih kepada panitia dan rekan moderator beserta host yang saling mendukung saat acara berlangsung. Kedepannya tetap semangat, jangan pantang menyerah sebagai motivasi untuk diri sendiri. 
 

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


#MerdekaBelajar #NadiemMakarim #PembaTIK2020 #pembatiklevel4 #RumahBelajar #tributetohendriwidiatmoko 

#guruberbagi #gurupenggerak

#pembatikmalut

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama