JURNAL MINGGUAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 2 (17 April 2021)

 JURNAL REFLEKSI MINGGU 1 (17 APRIL 2021)

Oleh :

ERFAN WIDYAS SAPUTRA, S.Pd

Sumber gambar : https://images.app.goo.gl/QDNQQfSfyv8FbpTu9


Sabtu, 17 April 2021

Minggu ini merupakan minggu pertama saya dalam mengikuti Pendidikan Guru Penggerak angkatan 2. Yang sebelumnya diawali dengan Lokakarya Perdana pada tanggal 10 April 2021. Pada Lokakarya 0 kami telah diberikan pemahaman mengenai persiapan Pendidikan Guru Penggerak yang akan dijalani oleh kami sebagai peserta serta berkomitmen menyelesaikan kegiatan hingga akhir bersama-sama dengan kepala Sekolah. Kemudian pada tanggal 13 April tepatnya di hari Selasa Pendidikan Guru Penggerak telah dibuka secara resmi oleh Pak Menteri Pendidikan dan dilanjutkan dengan paparan jadwal kegiatan selama Pendidikan oleh fasilitator serta penjelasan terkait LMS yang akan sering kita gunakan nantinya. Pada minggu pertama ini juga kami sebagai peserta mulai mempelajari Modul 1 Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara secara mandiri pada LMS dan vicon pada tanggal 16 April 2021, yang sebelumnya saya merefleksikan pemikiran KHD mengenai Pendidikan dalam sebuah tulisan dan dalam bentuk Video Pendek. Ada point penting yang saya dapatkan di dalam belajar secara mandiri di Modul 1.1 ini, saya mulai sedikit-demi sedikit dapat memahami konsep pemikiran KHD tentang Pendidikan. Salah satu tugas dalam LMS menanggapi Pemikiran KHD tentang Pendidikan, disitu saya putar ulang-ulang rekaman video pak Dirjend tentang refleksi beliau agar saya benar-benar memahami isi konsep tersebut. Ada beberapa kendala yang saya hadapi terutama dalam hal mengutarakan pendapat saya dalam bentuk tulisan. Tapi saya selalu berusaha agar tetap dapat mengutarakan pendapat saya sebisanya, dengan latihan menulis. Terutama setiap kegiatan saya selalu menuliskan pada blog saya di alamat https://vanswidyas.blogspot.com/ dengan begitu saya juga mempunyai arsip yang sewaktu-waktu dapat saya lihat di blog pribadi. Selain itu juga sebagai tempat berbagi pengalaman.

Dari pembelajaran melalui LMS yang ada pada portal Guru penggerak saya sangat senang dan merasa bahagia menjadi bagian dari peserta pendidikan Guru Penggerak. Apa yang saya rasakan ini karena saya mendapatkan ilmu baru, teman baru dan keluarga baru. Karena dalam proses pembelajaran  di PGP kami saling mendukung , disamping itu ada suatu semangat baru yang lahir pada diri saya untuk benar-benar menerapkan konsep pembelajaran seperti yang diutarakan oleh KHD.

Pelajaran yang saya dapatkan pada minggu pertama ini adalah saya menjadi sadar bahwa mungkin selama ini saya belum benar-benar sempurna dalam menarapkan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Selama satu minggu ini saya membaca modul 1 kemudian memutar video tentang konsep pemikiran KHD kemudian saya mencari referensi lain di internet dan youtube. Banyak yang ingin saya diskusikan dengan rekan guru nantinya untuk rencana aksi ke depannya. Saya ingin merancang proses pembelajaran yang berpihak pada siswa serta mengajak rekan guru agar memahami juga konsep pemikiran KHD tentang Pendidikan. Mungkin gambaran apa yang akan saya lakukan belum terlihat jelas untuk rencana aksi di minggu kedua.karena perlu adanya kolaborasi antar peserta, saling menguatkan satu sama lain agar dapat menemukan suatu langkah untuk proses selanjutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama