DISCOVERY-INQUIRY LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR PADA PORTAL RUMAH BELAJAR


 Ini adalah kegiatan saya diluar sekolah dan saya lakukan secara tatap muka, tetapi tetap kita terapkan protokol lesehan atas himbauan dari pengawas binaan saya. Kegiatan dikorwil kec Tidore Utara dilaksanakan selama 3 hari dan dibagi beberapa sekolah berkumpul di satu titik salah satu sekolah. 
Kegiatan di korwil Tidore Utara yang pertama dilaksanakan hari Rabu, 14 Oktober 2020 di SDN Ome. Pada kegiatan ini diikuti peserta dari SDN Ome, SDN 1 Gubukusuma, SDN 2 Gubukusuma, SDN Jaya dan diwakili oleh 3 guru disetiap sekolah. Hal ini dilakukan karena himbauan pembatasan dalam berkumpul dan terapkan protokol kesehatan.


Dikegiatan dini dibuka oleh kepala sekolah SDN Ome selaku tuan rumah kegiatan sosialisasi. Peserta seluruhnya ada 20 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini. 


Pada kegiatan sosialisasi ini saya memberikan materi "Discovery-inquiri learning berbasis Lingkungan dengan memanfaatkan sumber belajar di Portal Rumah Belajar. Fitur sumber belajar yang ada di Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan untuk untuk melaksanakan pembelajaran khususnya dengan model pembelajaran discovery-inquiri learning. Dimana peserta didik lebih aktif dalam merancang dan melakukan eksperimen yang nantinya dipresentasikan hasilnya. Melalui Vidio dan multimedia pembelajaran diharapkan siswa melakukan riset lebih lanjut untuk menemukan permasalahan yang nantinya dengan bimbingan pendidik siswa diarahkan mengolah data apa saja yg ditemukan dalam ilustrasi yang diberikan oleh pendidik (discovery). 


Sinyal model discovery-inquiri learning ini diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Simulation
Pemberian rangsangan dengan cara siswa menyimak materi stimulus berupa Vidio yang diberikan pendidikan di dalam kelas
2. Problem statement
Identifikasi Masalah dengan cara siswa menyampaikan respon atas stimulus dari pendidik secara tatap maya atau tatap muka terbatas. Peserta didik dibagi dalam kelompok.
3. Data collection
Pengumpulan data kemudian mendiskusikan dengan teman satu kelompok. Kemudian mengirimkan bukti kerja kelompok ke pendidik
4. Data processing
Peserta didik dengan berkolaborasi mengolah data yang telah dikumpulkan kemudian merumuskan hasil diskusi dan mengumpulkan dengan cara mengunggah ke kelas Maya jika melakukan pembelajaran secara daring.
5. Verification
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok 
6. Generalisasi
Membuat kesimpulan dengan bimbingan dari pendidik atau guru.



Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 wit sampai pukul 12.00 wit. Karena antusias peserta tidak terasa waktu 3 jam kami lalui untuk memberikan materi dan dilanjutkan diskusi dengan peserta. Alhamdulillah dari kegiatan ini dari peserta dan pemateri bersama k3s dapat bersinergi untuk kedepannya dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan serupa sebagai upaya mengenalkan TIK dan implementasi nya ke pembelajaran.





Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia


#MerdekaBelajar

#NadiemMakarim

#PembaTIK2020

#pembatiklevel4

#RumahBelajar

#tributetohendriwidiatmoko 

#guruberbagi

#gurupenggerak

#pembatikmalut

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama