Berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK mewujudkan Merdeka Belajar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Hey.... Sahabat semuanya dimanapun berada. Alhamdulillah saya diberikan kesempatan menjadi Sahabat Rumah Belajar (SRB) untuk Maluku Utara. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh peserta pembaTIK salah satunya rangkaian kegiatan kuliah umum untuk pembaTIK level 4.
Acara ini dibuka langsung oleh bapak Menteri Pendidikan Nadim makarim pada hari Senin 14 September, Dilanjutkan kegiatan kuliah umum dihari Selasa tanggal 15 September 2020 yang terbagi menjadi 3 sesi.
Rumah Belajar Berbagi Untuk Negeri

Sesi pertama pukul 09.00 wib kuliah umum ini diisi oleh pemateri yang sangat terkenal presenter kondang  Charles Bonar Sirait (CBS School of Communications)
"Kiat Sukses Bagi Para Pendidik untuk Berkomunikasi dengan Publik"
Luar biasa sekali apa yang disampaikan oleh bang Charles. Bagi guru, sangat penting menguasai pangung percakapan, karena apa yang ada dipikiran kita harus kita ungkapkan dengan benar dan baik. 
Bang Charles membagikan beberapa tips bagaimana kita bisa menarik perhatian audiens, menghilangkan demam panggung dll. Pointnya disini kita dianjurkan sering-sering latihan bicara didepan orang lain bahkan lebih perbanyak berinteraksi dengan orang baru.

sesi kedua pada kuliah umum pembaTIK
10.30 WIB | Butet Manurung (Sokola Rimba)
"Motivasi Guru dalam Mendidik: Belajar dalam Mengajar"
Beliau sangat menginspirasi untuk berbagi dalam hal dunia pendidikan. Setelah saya mengikuti apa yang disampaikan oleh kak Butet ini saya merasa belum ada apa-apanya. Seolah-olah apa yang saya kerjakan dalam mendidik siswa masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan kak Butet. Bayangkan seorang perempuan rela meninggalkan perkotaan hanya untuk masuk hutan untuk mengajari anak- anak yang hidup di hutan untuk membaca. Wooow..... Super kalau boleh saya katakan inilah wonder women Indonesia 

sesi ketiga tidak kalah pentingnya
13.30 WIB | Dr. Iwan Syahril, Ph.D (Dirjen GTK Kemdikbud)
"Kebijakan Pendidikan Terkait Guru dan Tenaga Kependidikan"
Disesi ini kita dijelaskan arah pendidikan kita dari beberapa aspek termasuk disini penggunaan tehnologi yang tidak bisa kita tinggalkan. 

Kegiatan ini dapat disaksikan melalui streaming di:


Akhir kata semoga apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat bagi guru, siswa dan khalayak umum. Dan tidak ada kata berhenti untuk menimba ilmu. Terima kasih wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"

#MerdekaBelajar #NadiemMakarim #PembaTIK2020 #pembatiklevel4 #RumahBelajar #tributetohendriwidiatmoko 
#guruberbagi #gurupenggerak
#pembatikmalut

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama