Berbagi dan berkolaborai Pembatik Level 4 Tahun 2022


  Assalamualaikum, Perkenalkan Nama Saya Erfan Widyas saputra, S,Pd Guru di SDN Talaga puncak Kota Tidore Kepulauan. Tahun ini saya masuk level 4 kegiatan Pembatik tahun 2022. banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan di kegiatan ini. apalagi ini merupakan ketiga kali berturut-turut saya dapat masuk di level 4 dan bergabung bersama para guru hebat di Maluku utara.

        Bimtek PembaTIK Tahun 2022 yang saya ikuti mulai dari level 1 sampai level 4 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. banyak tantangan yang membuat saya semakin bersemangat dalam mengikuti kegiatan Pembatik ini. Sebelumnya mari kita bahas kegiatan Pembatik ini pada setiap level:

  1. Level 1 tentang Literasi dimana peserta mempelajari materi terkait dengan beberapa strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan TIK. 

  2. Level 2 kita akan mengimplementasikan pembelajaran yang telah kita dapat pada level sebelumnya. dimana kita diwajibkan menggunggah sebuah bukti karya tentang pembelajaran berbasis TIK Pada Platform Merdeka Mengajar. tentu ini menjadi suatu hal yang baru bagi saya.  Karena kita mamanfaatkan media belajar PMM dalam mengimplementasikan kegiatan belajar di level 2 ini.

  3. level 3 yaitu Kreasi dimana kita membuat tugas membuat media pembelajaran berbasis TIK dengan pilihan yang yang telah ditentukan. Beberapa diantaranya adalah membuat Audio pembelajaran, Video pembelajaran, Multimedia Pembelajaran Interaktif dan membuat Edugame.

  4. Level 4 ini saatnya kita berbagi dan berkolaborasi dengan rekan-rekan guru dan membagikan pengalaman praktik-praktik baik kita dalam memanfaatkan media berbasis TIK kepada semua guru baik dilingkungan sekolah maupun nasional melalui kegiatan luring maupun daring.


Level 4 Dalam kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi

Ada beberapa tugas yang harus kita selesaikan dalam mengikuti Bimtek Pembatik di Level 4  pada tahun 2022. Dimana level 4 ini merupakan peserta pilihan terbaik 30 besar disetiap provinsi dan saya sangat senang mengetahui bahwa saya merupakan bagian dari guru-guru hebat yang lolos sampai level 4 ini.  Kegiatan awal yang kita ikuti adalah Pembukaan Pembatik Level 4 yang dibuka langsung oleh Dirjen GTK Kemendikbudristek serta diberikan penguatan oleh para pakar. Selanjutnya Bimtek Level 4 Pembatik 2022 sekaligus coaching clinik yang didampingi oleh pada Duta Rumah Belajar Provinsi dan wakil dari Pusdatin.

Pembukaan Bimtek Level 4 Pembatik Tahun 2022

Berkolaborasi dan Bertransformasi menumbuhkan Ekosistem Digital menuju Merdeka Belajar. Kegiatan ini diikuti oleh semua peserta Pembatik Level 4 dimana peserta mendapat predikat sebagai Sahabat Rumah Belajar Tahun 2022 yang mewakili Provinsinya masing-masing. Saya sangat bangga dapat bergabung menjadi salah satu Sahabat Rumah Belajar Provinsi Maluku Utara Tahun 2022 dan In Shaa Allah Kegiatan berbagi pada level ini tetap akan berlanjut walaupun kegiatan level 4 ini telah usai. 

Belajar bersama dengan Sahabat Rumah Belajar selama 2 Hari pembukaan serta mendengarkan para pakar dalam memberikan materi terkait dengan TIK memberikan saya semangat baru dalam merancang perubahan di era Digital ini



Bimtek Pembatik 2022

Hal yang membantu mencerahkan saya terkait dengan tugas di level 4 ini ada pada sesi Bimtek yang didampingi oleh para Duta Rumah Belajar. disini kami dibimbing dalam membuat Rencana Action Plan sebelum turun dalam kegiatan berbagi dan berkolaborasi. Kemudian di hari kedua kami mempresentasikan hasil rancangan RTL kami untuk mendapatkan penguatan dari para Duta Rumah Belajar sehingga menyempernakan action plan kami.


ACTION PLAN PEMBATIK LEVEL 4 ERFAN WIDYAS SAPUTRA

IDENTIFIKASI MASALAH

ada dua permasalahan yang saya angkat dalam Rencana Aksi Berbagi saya diantaranya adalah :

  1. Kurangnya informasi mengenai pemanfaatan portal rumah belajar dan PMM untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas maupun sekolah.

  2. Sebanyak kurang lebih 2000 guru dengan sekolah pelaksana IKM belum menuntaskan topik pelatihan mandiri pada PMM.

TUJUAN

  1. Sebanyak kurang lebih 2000 guru dengan sekolah pelaksana IKM belum menuntaskan topik pelatihan mandiri pada PMM 

  2. Menambah Informasi terkait keterampilan guru dalam pembelajaran dengan memanfaatkan akun belajar.id, Rumah Belajar dan PMM melalui berbagi praktik baik 

  3. Percepatan pemanfaatan PMM bagi Sekolah IKM 

  4. Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui penggerak komunitas di PMM


Diseminasi Pembatik di SDN Talaga Puncak

Kegiatan yang pertama saya fokuskan ke sekolah saya sendiri di SD Negeri Talaga Puncak. Saya berharap rekan sejawat memanfaatkan fitur-fitur pembelajaran yang ada di Rumah belajar serta PMM dan menyelesaikan topik dalam komunitas sekolah. Kegiatan Desiminasi ini dilaksanakan pada hari senin, 17 Oktober 2022. di Sekolah saya para guru sangat antusias mendengarkan paparan dari saya. rencana tindak lanjutnya adalah melakukan pendampingan dalam belajar bersama dengan rekan-rekan guru di SD dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran.


Kolaborasi SRB 2022

Kegiatan kedua bertemakan Kolaborasi antar SRB 2022 dengan Keynote Speaker Bapak Agus Triarso, dari Pusdatin, Bapak Hendra Apriawan selaku Kepala Balai Guru Penggerak provinsi Bengkulu, Bapak Dede Solihudin DRB Bengkulu, Bapak Roni Yulianto DRB Bengkulu dan Ibu RORO Martiningsih DRB Jawa Timur sekaligus DRB Terbaik Tahun 2017.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Oktober 2022 secara daring. kami SRB dari lintas provinsi bergantian memberikan praktik baiknya dalam pembelajaran memanfaatkan Akun id Belajar, Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar. Alhamdulillah banyak teman-teman guru yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Output dari kegiatan Kolaborasi SRB ini selain ilmu yang bermanfaat, peserta juga mendapatkan Sertifikat partisipasi dari BGP Bengkulu. Sebagai Narasumber dari SRB 2022 saya mendapatkan apresiasi yan gluar biasa dari Balai Guru Penggerak Provinsi Bengkulu dengan diberikannya sertifikat narasumber. Sungguh suatu penghargaan yang luar biasa buat saya.

Webinar Seri 5 Maluku Utara Pemanfaat PMM

Kegiatan selanjutnya yang saya laksanakan adalah berbagi praktik baik dalam webinar seri yang dirancang oleh 3 komunitas yang ada di Maluku utara dengan tema pemanfaatan PMM GTK Se-maluku utara dengan Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Karakteristik Murid. Komunitas penyelenggara adalah Komunitas Belajar id maluku Utar, komunitas Rumah belajar Maluku Utara dan Komunitas Guru Penggerak Tidore kepulauan. 

kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas-dinas terkait untuk mendukung suksesnya kegiatan tersebut. pada seri ke 5 dilaksanakan pada hari rabu tanggal 26 Oktober 2022. Pada kegiatan webinar seri kelima ini saya sebagai perwakilan dari SRB Maluku Utara tahun 2022 membagikan praktik baik tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan memanfaatkan Rumah Belajar dan PMM berbasis Blog. 

Pembelajaran berbasis blog kita merancang sebuah website yang ada pada google site yang saya atur tampilannya sesuai dengan kebutuhan belajar murid sehingga pembelajaran yang ada pada blog website tersebut sudah terdiferensiasi dengan menu pembelajaran sesuai gaya belajar murid.


Vlog Berbagi Praktik Baik




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama