Perjalanan Mengikuti Kegiatan Bimtek pembaTIK Tahun 2021

 Tidak terasa kegiatan Bimtek PembaTIK tahun 2021 telah berada pada level 4, Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk mengikuti Bimtek PembaTIK di tahun 2021. Sebelumnya di tahun 2020 saya mengikuti kegiatan ini sampai 5 besar di Provinsi Maluku Utara, walaupun tidak menjadi Duta Ruma Belajar pada waktu itu namun ilmu yang saya peroleh sangat bermanfaat ketika saya mengimplementasikan di kelas saya. menjadi Duta merupakan bonus yang tersendiri, yang kita dapat jauh lebih berharga nilainya yakni kemampuan dalam mengembangkan teknologi informasi dalam pembelajaran.

Tahun 2021 ini kembali saya dengan semangat mengikuti Bimtek PembaTIK, sekali lagi slempang bukanlah menjadi target akhir namun peningkatan kompetensilah yang menjadi motivasi saya untuk selalu belajar. Sebagai SRB tahun 2020 saya berkesempatan mengikuti Bimtek langsung di level 2, tentunya ini suatu penghargaan tersendiri bagi kami SRB 2020 untuk dapat kembali belajar bersama rekan-rekan guru seluruh Indonesia. Berbeda dengan tahun lalu 2020, kali ini di tugas akhir level 2 adalah membuat video pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang kami ampu dikelas. Alhamdulillah di level 2 saya dinyatakan lulus untuk melanjutkan Bimtek ke level 3 yaitu level kreasi dalam membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif. Beberapa media aplikasi untuk membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif diantaranya adalah Smart Apps Creator (SAC), Articulate Storyline 3 (AS3) maupun dengan Ispring. Disini peserta diberikan kebebasan untuk menggunakan aplikasi mana yang mereka kuasai. Namun menurut saya sesuai yang ada di Modul 3 pembuatan Multimedia pembelajaran Interaktive dengan menggunakan Smart Apps Creator atau SAC, karena lebih sederhana dan menu-menu dalam penggunaannya mudah dipahami. Saya sendiri menggunakan SAC dalam pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif ini dengan mengangkat Materi pembelajaran mengenal jenis-jenis magnet untuk jenjang kelas 4 SD.

Setelah level 3 dilalui, maka untuk mencapai level 4 ini disetiap provinsi hanya diambil 30 besar untuk mengikuti Bimtek level 4 dalam berbagi dan berkolaborasi. Sampai disini saya menemukan hal yang sangat berbeda dari Tahun lalu, diantaranya adalah modul Materi yang disampaikan terkait level berbagi dan berkolaborasi dilaksanakan selama 4 hari. Di Provinsi Maluku utara sendiri dilaksanakan mulai hari jumat 29 Oktober sampai hari Senin 1 November 2021. yang membedakan dalam level 4 ini adalah adanya ruang diskusi dalam menyusun RTL berbagi praktik baik mengenai VLOG, BLOG dan juga kegiatan sosialisai yang direncanakan oleh peserta. disamping itu dalam level 4 ini mengangkat tema kearifan budaya yang ada di daerah masing-masing. Dalam kelompok saya mengangkat tema "Babari" yaitu salah satu filosofi budaya positif yang tetap dilestarikan di tidore bisa diartikan kerja sama atau gotong royong atau bahasa kerennya adalah berkolaborasi.

Walaupun sedikit berat yang saya rasakan melihat rangkaian tugas yang menanti untuk dieksekusi namun semua itu dikalahkan oleh rasa semangat. semoga Tahun 2021 ini mendapatkan manfaat yang lebih dalam belajar, berbagi dan berkolaborasi. Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama