3.3.A.10 AKSI NYATA – PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 OLEH :

Erfan Widyas Saputra, S.Pd

SDN Talaga Puncak

CGP Angkatan 2 Kota Tidore Kepulauan

Provinsi Maluku Utara

 

PGP-2-Kota Tidore Kepulauan – Erfan Widyas Saputra, S.Pd – 3.3 – Rancangan Aksi Nyata Paket Modul 3

·         Program :

“Gema Asik” (Gemar Membaca Suka-suka di Kelas)

Meningkatkan minat serta wawasan murid melalui program Literasi Sekolah

Tujuan :

Meningkatkan minat baca murid serta menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan membaca, menciptakan budaya positif di lingkungan Kelas maupun Sekolah dalam pembiasaan membaca.

Manfaat Program

Menambah kosa kata murid serta mengoptimalkan kinerja otak

Mendapatkan berbagai wawasan dan informasi baru

Meningkatkan kemampuan analisi serta konsentrasi dalm belajar.

Mendapatkan referensi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman suatu materi pelajaran.


 1.      FACT (PERISTIWA)

Latar Belakang situasi yang dialami Guru Penggerak : SDN Talaga Puncak adalah Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Gerakan Literasi sangat penting dilaksanakan di dalam dunia Pendidikan terutama Sekolah. Pembiasaan Literasi dapat mendorong murid untuk belajar dengan penuh makna. Di era digital ini anak-anak mulai menunjukan penurunan karakter, hal ini disebabkan oleh penggunaan gadget untuk bermain game online. Sehingga kecenderungan sendiri sampai jarang bersosialisasi dengan sekitarnya.

Aksi nyata yang dilakukan oleh CGP adalah kegiatan literasi yang dilakukan dengan membaca 15 menit sebelum memulai pelajarandi sudut ruangan kelas yang sudah tersedia dengan “SUDUT BACA” hal ini mengimplementasikan kegiatan coaching yang pernah dilakukan terhadap siswa. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi murid.

Hasil dari aksi nyata yang dilaksankan adalah menumbuhkan minat baca murid, mengembangkan bakat murid di bidangnya masing-masing, meningkatkan kreatifitas murid dalam berkarya dan melestarikan budaya positif membaca di lingkungan sekolah.

Perencanaan Program

Penyusunan program telah dikoordinasikan kepada Kepala Sekolah serta rekan sejawat yang ada di Sekolah. Kemudian melakukan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah.

Pelaksanaan Program

Program ini dilaksanakan pada minggu pertama bulan Oktober 2021 sesuai dengan tahapan BAGJA yang telah disusun dalam materi sebelumnya dan akan tetap dilaksanakan secara berkelanjutan.

Hasil Pelaksanaan Program

Murid telah menunjukan minat bacanya secara konsisten dengan membaca buku yang mereka pilih. Murid dapat mengembangkan bakat dan minat di bidangnya masing-masing, karakter budaya positif mulai terbentuk pada diri murid.

Monitoring, Evaluasi, Learning dan Reporting

Monitoring dilakukan oleh kepala sekolah serta guru di masing-masing kelas. Evaluasi dilakukan secara berkala dan menyeluruh terhadap program yang dilaksanakan ini. Learning dilakukan rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi yang telah dilakukansebagai bahan pembelajaran dan temuan dalam merancang praktik baik dikemudian hari. Kemudian dalam Reporting dilakukan oleh guru sebagai pembimbing yang membuat laporan kepada kepala sekolah serta kepada orang tua murid mengenai perkembangan serta kemajuan murid.

Pengambilan data

Untuk mengetahui apakah kegiatan Gemar Membaca  dapat meningkatkan minat baca murid dilakukan dengan observasi serta wawancara kemudian dibuat kesimpulan dari hasil wawancara kepada murid.

Evaluasi Pelaksanaan Program

Faktor pendukung dalam menjalankan program ini adalah Kepala Sekolah, rekan guru, murid dan orang tua. Dari segi financial dapat dianggarkan dari dana BOS yang dimiliki sekolah. Jika program “GEMA ASIK” (Gemar Membaca Suka-suka di Kelas) dapat berjalan lancar diharapkan secara bertahap disediakan sudut baca di setiap kelasnya.

 2.      FEELING (PERASAAN)

Perasaan Ketika dan setelah menjalankan aksi nyata ini saya sangat begitu senang sekali dan Bahagia karena melaluk program literasi ini dapat mewujudkan karakter murid yang cerdas dan berwawasan. Program literasi ternyata mampu memberikan dampak dan perubahan yang besar dalam prose belajarnya. Murid mempunyai kebahagiaannya sendiri karena nyaman dalam melakukan kegiatan membaca tersebut.

 3.      FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Secara keseluruhan setiap hasil aksi nyata yang dipraktikan menunjukan perubahan yang sangat baik bukan hanya dari segi murid namun rekan guru yang lain mengapresiasi program tersebut. Hal ini juga menjadikan saya sadar bahwa tugas guru bukan hanya mengajar namun lebih dari itu menciptakan suasana yang mendukung dalam proses belajarnya. Pembelajaran tentang program yang berdampak pada muridmelalui program literasi sekolah memberikan kebebasan kepada murid menemukan sendiri potensi dan bakatnya. Lebih dari itu pembelajaran yang kaya akan makna juga ada dalam program ini.

 

4.      FUTURE (RENCANA PERBAIKAN DI MASA DEPAN)

Dalam setiap program membutuhkan proses dan tahapan dan dari proses serta tahapan tersebut kita evaluasi untuk merencanakan perbaikan ke depan agar lebih dimaksimalkan.adapun rencana perbaikan ke depan adalah kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan dan jika ada kendala-kendala yang terjadi maka dikomunikasikan dengan rekan guru serta komunitas sekolah sehingga program tetap berjalan.

 

DOKUMENTASI






TAHAPAN BAGJA

 

PRAKARSA

PROGRAM

“Gema Asik” (Gemar Membaca Suka-suka di Kelas)

Meningkatkan minat serta wawasan murid melalui program Literasi Sekolah

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar Tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

·         Bagaimana meningkatkan minat baca murid?

·         Bagaimana menciptakan suasana yang mendukung agar murid selalu gemar untuk melakukan kegiatan membaca?

A-mbil pelajaran (Discover)

·         Sekolah telah memiliki perpustakan serta memiliki buku-buku bacaan berbagai jenis.

·         Membaca dapat meningkatkan pengetahuan kosa kata serta wawasan yang lebih luas.

G-ali mimpi (Dream)

·         Murid yang berwawasan luas, cerdas serta berkarakter rata-rata mengisi Sebagian waktunya dengan membaca.

·         Murid yang kreatif serta aktif dalam mengembangkan budaya membaca.

·         Seluruh warga sekolah mendukung dan memfasilitasi tumbuh kembangnya budaya literasi.

J-abarkan rencana (Design)

·         Murid membaca 15 menit setiap hari sebelum pelajaran dimulai.

·         Murid saling memberikan umpan balikdan bercerita tentang apa yang mereka baca hari itu.

·         Setiap satu minggu sekali murid Bersama guru merefleksi kegiatan yang telah dijalankan.

·         Guru dimasing-masing kelas mengawasi serta membimbing muridnya dalam melakukan kegiatan literasi.

·         Guru melakukan evaluasi dalam kegiatan agar jika ada siswa yang belum memahami dalam kegiatan membaca guru melakukan pendampingan.

A-tur eksekusi (Deliver)

·         Yang melaksanakan program ini adalah seluruh warga sekolah baik itu murid serta guru dalam membimbing muridnya

·         Kegiatan segera dilaksanakan pada bulan ini

·         Selama program ini berjalan dilakukan proses monitoring dan evaluasi guna keperluan pelaporan program secara berkelanjutan.

 

 

RENCANA MONITORING, EVALUASI, PEMBELAJARAN DAN PELAPORAN (MELR)

 

a.      Pertanyaan Kunci

 

Pertanyaan Kunci

Apakah program kegiatan literasi sudah berjalan dengan baik?

 

Evaluasi Program

(Diisi dengan pertanyaan utama yang menjadi tujuan evaluasi)

1.    Sejauh mana program literasi telah berjalan dengan baik?

2.    Seberapa banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian?

 

b. Fokus Monitoring

 

 

Fokus Monitoring

 

Pertimbangan Pemilihan

 

Pertanyaan Utama Monitoring

Diisi dengan pilihan aktivitas-

Diisi dengan alasan

Diisi dengan pertanyaan

aktivitas atau tujuan antara

pemilihan aktivitas atau

untuk menggali fokus

program (outcomes) yang akan

tujuan antara (outcomes)

monitoring yang

dipantau/dimonitor sepanjang

program

berpengaruh pada

pelaksanaan program, hal ini yang akan digunakan sebagai

 

tujuan program

data untuk evaluasi program

 

 

 

 

 

Bagaimana kegiatan literasi yang dilakukan tiap kelas berjalan?

 

Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik maka guru harus memastikan bahwa buku yang dibaca oleh murid benar-benar dapat dipahami isinya..

Bagaimana murid dapat menceritakan dengan bahasanya sendiri buku yang telah mereka baca?

Bagaimana respon teman saat mendengar cerita dari teman lainnya?


c.       Metode Penggalian data

 

Pertanyaan Monitoring

Sumber Informasi

Metode

Kapan/ Bagaimana

Diisi dengan pertanyaan Utama Monitoring

Diisi dengan pihak/aktor yang berkaitan dengan pertanyaan monitoring

Diisi dengan metode untuk penggalian data kepada sumber informasi

Contoh: kajian evaluasi, observasi, wawancara, kuesioner/survey

Diisi dengan waktu penggalian informasi

Bagaimana murid dapat menceritakan dengan bahasanya sendiri buku yang telah mereka baca?

 

Guru dan murid

Wawancara/observasi

Dalam proses berjalan

Bagaimana respon teman saat mendengar cerita dari teman lainnya?

Guru dan murid

Wawancara

Dalam proses berjalan

 

d. Strategi Pengolahan Data

 

Pertanyaan Monitoring

Data yang terkumpul

 

Kesimpulan

Catatan Khusus, Pengecualian,dll

Diisi dengan pertanyaan monitoring dan pertanyaan tambahan tentang tim pengelola program

Diisi dengan data dan informasi yang menjawab pertanyaan monitoring tersebut, dari berbagai metode

Diisi kesimpulan yang dapat ditarik untuk menjawab pertanyaan monitoring dari data dan informasi yang ada pada kolom kedua

Bila ada catatan khusus yang memberikan nuansa atas kesimpulan yang ditarik, catat di kolom ini

Bagaimana pembagian peran dalam program literasi di sekolah?

Apakah semua orang dalam tim melaksanakan perannya dengan baik?

Murid berkumpul bersama di kelas dan guru sebagai pembimbing melaksanakan perannya masing- masing dengan baik

Kegiatan gemar membaca setiap pagi telah berjalan lancar dan berkesinambungan.

 


 

 

Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program

 

Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Program

 

Pembelajaran

Diisi dengan hal-hal yang mendukung keberhasilan program

Diisi dengan hal-hal yang menghambat pencapaian program

Diisi dengan hasil refleksi dan temuan-temuan signifikan selama pelaksanaan program

 

 

 

Koordinasi tim yang baik sesame rekan sejawat serta dukungan dari kepala sekolah

Beberapa murid terutama kelas rendah belum begitu lancer dalam membaca sehingga membutuhkan bimbingan dari wali kelas atau guru kelasnya.

Refleksi: murid yang masih belum lancer dalam membaca dapat didampingi oleh guru.

 

f.    Pelaporan Program

 

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM

Gambaran Umum Program:

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi  saat melakukan proses membaca  dan menulis. Literasi tidak terbatas hanya membaca namun memahami  serta dapat menyimpulkan, maka dari itu terdapat refleksi  untuk saling memberikan umpan balik dengan cara bercerita satu dengan yang lain.

 

Deskripsi Pelaksanaan Program:

-           Waktu Pelaksanaan : sesegera mungkin setelah materi demonstrasi kontekstual ini telah dirancang .

-           Strategi Pelaksanaan Program : Pembiasaan budaya positif literasi yang dilaksanakan setiap pagi hari sebelum jam pertama. Guru kelas berperan sebagai pemimbing, saling bercerita antar murid tentang apa yang sudah mereka baca, mendokumentasikan kegiatan setiap hari sebagai bahan perbaikan dimasa yang akan datang.

-           Faktor Pendukung: fasilitas perpustakaan serta beberapa kelas yang sudah mempunyai sudut baca dapat dimanfaatkan, dukungan serta peran kepala sekolah dan rekan guru. Penghambat Program : Tingkat kelancaran membaca murid yang berbeda-beda

-           Hasil Pelaksanaan Program : Murid memiliki kemampuan serta wawasan yang luas, serta menciptakan pembiasaan budaya positif di lingkungan sekolah secara konsisten.

Evaluasi Program:

Program literasi yang telah dilaksanakan di lingkukangan sekolah diharapkan dapat dipantau oleh semua elemen yang ada termasuk kepala sekolah sebagai penanggung jawab program serta pengawas binaan yang dapan memberikan umpan balik terkait program yang sedang dijalankan.

 

Pembelajaran Program:

Dengan pembiasaan budaya positif dilingkungan sekolah yang dilakukan secara berkesinambungan maka secara tidak langsung membentuk karaktermurid yang baik. Dengan dukungan dari berbagai pihak termasuk dukungan orang tua dalam pengembangan literasi murid maka kemajuan sekolah dalam bidang literasi akan semakin baik.

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama