2.2.a.6 Refleksi Terbimbing Pembelajaran Sosial dan Emosional

 


3 Hal menarik yang telah saya pelajari

  1. Pelajaran tentang berbagai kasus yang dipaparkan dalam LMS membuat saya tertarik dalam mengemukakan ide-ide baru dalam mengatasinya. hal ini sangat menarik karena saya ikut terbawa suasana dalam memahami permasalahan tersebut sehingga perasaan saya ikut tergerak.
  2. Yang kedua menurut saya menarik adalah pembuatan tabel teknik kompetensi Sosial dan Emosional dalam tiga ruang lingkup. karena menurut saya sangat menarik dan menantang saat kita benar-0benar akan mengimplementasikannya di dalam kelas maupun sekolah karena bukan hanya pengelolaan emosi kita saja tetapi bagaimana membangun hubungan berempati bersama warga sekolah.
  3. Yang ketiga menurut saya menjadi hal yang menarik adalah penerapan kompetensi sosial dan emosional dalam ruamg lingkup protokol budaya sekolah. mengapa saya tertarik dalam ruang lingkup tersebut? hal ini sangat berkaitan dengan kehidupan pembiasaan di lingkungan kelas maupun sekolah dengan menerapkan pembiasaan sehari hari dalam budaya positif juga mengimplementasikan pembelajaran dalam balutan sosial emosional diri dan sesama warga sekolah.

2 HAL PENTING YANG SAYA PELAJARI

  • Latihan Kesadaran penuh mindfulness dalam beraktivitas. hal tersebut sangat penting karena dengan latihan kesadaran penuh dengan mengikuti sesuai arahan mulai dari menarik nafas dalam-dalam dalam keadaan sadar kemudian mengeluarkan pelan pelan dan merasakan kondisi tubuh, hal tersebut dilakukan secara berulang untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran agar beban pekerjaan yang ada pada diri terasa ringan dan tetap berpikiran positif
  • menumbuhkan jiwa berempati pada murid agar budaya positif dalam lingkungan sekolah dapat terwujud. Kesadaran sosial keterampilan berempati jika dilaksanakan secara berkesinambungan maka dapat melahirkan jiwa yang memiliki kepedulian sesama dalam kehidupan sehari-hari. maka dari itu melalui rancangan teknik dalam mengelola kompetensi sosial emosional guru mengimplementasikan dalam KBM.


HAL YANG SAYA INGIN COBA DAN TERAPKAN DI DALAM KELAS

Menerapkan pembelajaran sosial dan emosional pada murid saya dalam 3 ruang lingkup pembelajaran. ketiga ruang lingkup tersebut adalah dalam kegiatan rutin di sekolah, terintregasi dalam pembelajaran di kelas, serta protokol budaya sekolah dan tata tertib. ketiga hal tersebut tidak dapat ditinggalkan dalam mewujudkan budaya positif di sekolah. selain itu saya akan menerapkan pembelajaran sosial emosional yang saya padukan dalam pembelajaran berdiferensiasi. rancangan pembelajaran berdiferensiasi menurut saya sangat logis jika kita padukan karena kebutuhan belajar murid tidak dapat dipisahkan dengan kekuatan emosi dan hubungan sosial berempati.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama