REFLEKTIF KRITIS MODUL 1.1.a.3 MULAI DARI DIRI "KONSEP PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN"

 

sumber : https://images.app.goo.gl/sEhnEsR34177ywWc8

·         REFLEKSI KRITIS               

Menurut Ki Hadjar Dewantara Pendidikan yaitu tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak dengan segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dapat mencapai kebahagiaan setinggi-tingginya. Disamping  itu pendidikan tidak dapat lepas dengan kebudayaan karena peradapan kebudayaan dangan pendidikan merupakan satu ikatan yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada Kebudayaan tanpa Pendidikan karena pendidikan akan selalu berkembang dalam lingkup kebudayaan. Sehingga jika kita ingin mewujudkan pendidikan yang baik maka kita perlu mengembangkan kebudayaan Nasional. Pendidikan nasioanal tidak akan hidup tanpa kebudayaan nasional. Pendidikan kepada anak juga harus memperhatikan nilai-nilai kemanuasiaan, seperti setiap anak itu mempunyai karakternya masing-masing beserta keunikannya. Perbedaan inilah yang harus dipegang dalam perencanaan pendidikan ke arah yang baik agar nantinya generasi muda yang akan datang dapat mengembangkan potensinya masing-masing dalam belajar. Disamping itu pengajaran yang tidak sesuai budaya dan hanya mengutamakan intelektualisme dan individualisme hanya akan menghilangkan rasa kekeluargaan

                Relevansi pemikiran Ki hadjar Dewantara dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah saya secara khusus ; Proses Pendidikan di Indonesia selalu bersifat dinamis dan itu merupakan keharusan sebab dari zaman kezaman teknologi juga akan selalu berkembang. Konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai seorang anak yang mempunyai keunikan masing-masing yang menuntut seorang pengajar menemukan formula yang sesuai dengan kenunikan anak tersebut, disamping itu tuntutan perkembangan teknologi era 4.0 ini tidak bisa ditinggalkan oleh seorang pengajar. Apa yang dikatakan oleh Ki Hadjar Dewantara bahwa pendidikan akan selalu bergerak seiring perkembangan zaman bahkan teknologi yang berkembang di era sekarang sejalan dengan konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Dalam perkembangan di sekolah saya mau tidak mau guru dituntut untuk mengimbangi proses bergeraknya pendidikan era 4.0 ini dengan mempelajari  penggunaan Teknologi untuk pembelajaran.

                Untuk saya sendiri merasa bahwa pemikiran Ki Hadjar Dewantara harus dijadikan acuan setiap satuan pendidikan di setiap daerah, sebab dari sinilah konsep yang akan dibangun benar-benar memerdekakan pengajar dan peserta didik. Tetapi saya belum begitu merasakan bahwa konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara benar-benar saya jalankan di Sekolah saya sendiri, jujur saya katakan penerapan-penerapan proses belajar yang selama ini saya laksnakan belum benar-benar memfasilitasi siswa untuk lebih aktiv dalam proses belajar. Setelah saya mempelajari  tentang  pemikiran Ki Hadjar Dewantara perlu adanya perencanaan perubahan-perubahan proses pembelajaran ke depan nantinya.

·         HARAPAN DAN EKSPEKTASI

Harapan yang ingin saya lihat pada diri saya sendiri sebagai seorang pendidik setelah mempelajari   modul 1 ini adalah : saya dapat menerapkan konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Sekolah saya khususnya agar transformasi pendidikan dapat tercapai seperti yang diharapkan oleh pendahulu-pendahulu kita. Selain itu saya dapat merencanakan persiapan apa saja yang akan saya lakukan nantinya demi menerapkan Merdeka Belajar bagi siswa. Dengan mengetahui keunikan peserta didik saya ingin memposisikan diri saya bukan hanya sebagai pengajar tetapi juga sebagai pembimbing konseling agar lebih dekat dengan siswa dalam hal sosio-emodional,  Dan tidak kalah pentingnya bahwa harapan saya yang saat ini memasuki Pendidikan Guru Penggerak dapat menggerakkan komunitas belajar di sekeliling tempat tugas demi membangun dunia  Pendidikan Indonesia dengan menerapkan pola Merdeka Belajar.

Harapan yang ingin saya lihat pada murid-murid saya setelah mempelajari Modul ini adalah ; dengan mengetahui bahwa setiap anak memiliki karakter dan keunikan yang berbeda maka saya sangat berharap pembelajaran yang akan saya laksanakan benar-benar berfokus pada siswa. Siswa dapat mengembangkan potensinya masing-masing  serta dapat menemukan kelebihan yang ada pada diri mereka melalui program merdeka belajar sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Selain itu saya ingin melihat siswa lebih bersemangat dalam belajar dan siswa dapat lebih terbuka kepada guru mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapai dalam pembelajaran.

Kegiatan, Materi dan Manfaat yang saya harapkan di dalam modul ini ; Kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan oleh saya sebagai pengajar sekaligus peserta Pendidikan Guru Penggerak sangat menarik, sebab disini saya dapat mengeksplore ilmu dari berbagai macam media salah satunya google dan youtube. Materi yang disajikan dengan menampilkan kata atau kalimat kunci dalam modul membuat saya semakin trpacu untuk mencari apa saja yang belum saya mengerti dari modul yang sedang saya pelajari ini. Sistem pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat bagi saya karena merdeka belajar yang selalu digaungkan telah saya praktikan, semoga apa yang telah saya pelajari selalu bermanfaat kedepannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama