Berbagi Praktik Baik Inovasi Pembelajaran Bersama Sahabat Teknologi Provinsi Maluku Utara Tahun 2023

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah merubah paradigma dalam dunia pendidikan. Dengan adanya TIK, proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, menarik, dan efektif. Beberapa praktik baik inovasi pembelajaran yang memanfaatkan TIK adalah inovasi dalam penggunaan TIK dalam pendidikan adalah platform belajar online. Platform ini memungkinkan siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Beberapa contoh platform belajar online yang populer antara lain Google Classroom, Edmodo, Moodle, dan Coursera.

Platform-platform ini biasanya memiliki fitur-fitur seperti forum diskusi, tugas online, quiz interaktif, dan lain-lain yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran mereka. Dalam menggunakan platform ini sebagai media pembelajaran, penting bagi guru untuk menyusun rencana pelajaran yang strukturis serta memberikan feedback secara reguler kepada siswa. Berbagai aplikasi edukatif juga bisa digunakan sebagai media inovatif dalam proses belajar mengajar untuk membuat materi visual yang menarik. Aplikasinya tidak hanya terbatas pada materi ajar saja tapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu belajar mengingat banyaknya generasi muda yang aktif di media sosial setiap harinya. Guru bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat berbagi informasi atau bahkan tempat diskusi antar siswa maupun dengan guru itu sendiri.

kolaborasi berbagi praktik baik kali ini saya bersama dengan sahabat teknologi dari provinsi Maluku utara tahun 2023 diantaranya adalah ada ibu Susilo Dwi Rahayu Sahabat Teknologi dari Kabupaten Pulau Taliabu, saya sendiri Erfan Widyas Saputra Sahabat Teknologi dari Kota Tidore kepulauan serta Ibu Ellen Sintya Dewi Sahabat Teknologi dari Kabupaten Halmahera Utara. Sebagai Keynonte Speaker kami meminta kesediaan Bapak Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Maluku Utara untuk memberikan sambutan dan membuka kegiatan. serta tidak lupa Duta Teknologi Provinsi Maluku Utara Tahun 2018 yang selalu memberikan penguatan dalam berbagi.

Flyer Kegiatan berbagi dan berkolaborasi

Keynote speaker dan narasumber

Susilo Dwi Rahayu Berbagi Praktik Baik dengan judul tema "SERFFER KOMAS" Seru, Berdiferensiasi, Kontekstual, Berbasis Masalah.




Erfan Widyas Saputra Berbagi Praktik Baik dengan Judul "SMART LAGA" Strategi Membangun Pembelajaran Tanpa Internet dari Talaga Puncak.


Ellen Sintya Dewi Berbagi Praktik Baik dengan judul Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi Terintegrasi TIK untuk Memahami Sel Volta.



pada kegiatan webinar ini sekitar 60 peserta yang mengikuti webinar berbagi praktik baik dengan 44 peserta mengisi daftar hadir yang dapat dilihat di sini

Video webinar berbagi praktik baik ada pada youtube di sini

#pembatik2023

#PMM
#merdekabelajar
#Sahabatteknologimalut


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama