"SESUATU YANG MENGUBAH DUNIA"

Tahukah sahabat ada beberapa hal yang telah mengubah dunia sampai saat ini. Beberapa penemuan telah dirasakan manfaatnya sampai era sekarang.

Kadang kita hanya sebagai penikmat hasil orang terdahulu yang belajar mencari sesuatu agar dapat dimanfaatkan, tanpa menanyakan asal muasalnya. 


TELEVISI

televisi adalah alat penangkap gambar. Berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak). Jadi televisi berarti melihat dari jarak jauh. Salah satu penemuan yang telah merubah peradaban dunia. Televisi tidak bisa dipisahkan dengan hukum gelombang elektromagnetik (Joseph Henry dan Michael Faradan-1831) dimulainya era komunikasi dan elektronik

Penemuan televisi tidak serta Merta ditemukan oleh satu orang dan langsung jadi sebuah penemuan. Tetapi beberapa bahan ditemukan berbeda-beda, seperti :

1. George Carby - Slenium camera (1876)

2. Paul Nipkow - berhasil mengirim gambar elektronik dengan menggunakan logam (1884)

3. Freidrich Reinitzeer - menemukan cairan kristal untuk bahan baku LCD (1888)

4. Karl Ferdinand Braun - membuat sinar katoda (CRT) dengan layer berpendar bila terkena sinar (1897)

Baru setelah tahun 1900 televisi pertama kali dikemukakan oleh Constain Perskyl pada acara International Congress of Elektric dalam pameran teknologi dunia di Paris.

Namun penemuan televisi itu sendiri adalah John Logie Baird dan C.F Jenkins. Boleh dibilang mereka melakukan inovasi-inovasi untuk mengembangkan penemuan-penemuan sebelumnya. Sehingga dari masa ke masa televisi telah merubah peradaban manusia. 

Seiring perkembangan televisi yang dari masa ke masa semakin pesat, tentunya pengaruh-pengaruh terhadap sosial dimasyarakat sangat tinggi. Bisa menjadi pengaruh positif bisa juga menjadi negatif untuk perkembangan dunia. 

Perkembangan televisi telah masuk ke beberapa sasaran, salah satunya dunia pendidikan. Dunia pendidikan telah berinovasi untuk memberikan Pengaruh edukasi pendidikan melalui televisi yang sangat begitu lekat dengan masyarakat. Terlebih di era sekarang televisi bisa diakses dimanapun menggunakan gadget.

TV edukasi yang dikeluarkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu sarana dalam dunia pendidikan untuk membantu guru dan siswa dalam belajar. Disamping itu peran orang tua juga sangat berpengaruh untuk mendampingi putra-putrinya. Dengan adanya TV edukasi ini informasi tentang dunia pendidikan dapat tersampaikan secara nyata.

 Link tv edukasi dapat diakses di

https://tve.kemdikbud.go.id/ 


Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#MerdekaBelajar #NadiemMakarim #PembaTIK2020 #pembatiklevel4 #RumahBelajar #tributetohendriwidiatmoko 

#guruberbagi #gurupenggerak

#pembatikmalut


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama